Divine Toughts

The Art of Faith.

Iman dan Kabar Baik.

Apakah iman itu? Untuk apa iman diberikan? Sumber iman apa/siapa? Beberapa pertanyaan klasik yg kadang sulit dijawab.

Minggu ini saya memasuki pembacaan kitab Roma. Pada bagian awal kitab ini Rasul Paulus menyatakan bagaimana iman Abraham mulai diperhitungkan oleh TUHAN sebelum ia disunat/hukum Taurat (Roma 4:10-12; Galatia 3:24; Efesus 2:15). Karena itulah mereka yang bukan Israel juga berhak atas berkat iman, apalagi setelah BAPA mengaruniakan TUHAN YESUS sebagai jaminan bagi setiap orang yg percaya dalam kuasa penebusan darahNYA (Yohanes 3:16, Roma 10:9-13).

Ada sebuah film berdasarkan kisah nyata tentang iman yang mendatangkan mukjizat kesembuhan, “Miracles from Heaven”. Film yg mengisahkankan bahwa hasil dari iman sejati adalah Keselamatan dan Kabar Baik yang diberitakan secara luas. Film ini menyisipkan kisah kontras 2 anak kecil yang terbaring di RS Anak Boston. Anabel Beam (sakit pencernaan akut yang blum ada obatnya) dan Haley (sakit kanker). Ana (10 tahun) yang percaya pada TUHAN dengan polos menyerahkan kalung salib kesayangannya sebagai usaha terbaik menyemangati Haley, agar ia yakin bahwa dirinya tidak sendirian (DIA selalu menemaninya).

Setelah melewati sebuah masa yg melelahkan jiwa di Boston, Ayah dan kedua saudarinya datang membesuk. Akhirnya keluarga Beam memutuskan pergi dari rumah sakit dan pulang ke Texas.

Beberapa waktu kemudian keluarga Beam masuk berita nasional sehubungan peristiwa selamatnya Ana dari kecelakaan bermain. Ia terjatuh ke dalam batang pohon tua besar di halaman rumah mereka. Peristiwa itu diikuti dengan kesembuhan Ana dari penyakitnya, sebaliknya Haley meninggal dunia. Namun yang luar biasa, ayah Haley (bukan seorang percaya) secara khusus datang/terbang dari Boston untuk menemui keluarga Beam di ibadah gereja. Ia bersaksi di depan jemaat bahwa beberapa minggu sebelum Haley wafat, putrinya itu berubah menjadi pribadi yg jauh lebih ceria dan bersemangat karena kepercayaan baru dari Ana yg ia pegang teguh sampai akhir.

Anabel menurut kesaksiannya sempat bertemu dengan TUHAN YESUS di surga selama kecelakaan. Lalu saya teringat ada film lain berdasarkan kisah nyata, “Heaven is For Real” yang mengisahkan pertemuan seorang anak kecil dengan TUHAN di tengah tragedi komanya yang diikuti dengan kesembuhan yang ajaib. Menurut kitab Yoel, di “hari-hari terakhir” anak-anak dan teruna/remaja akan mendapat tanda (mimpi-penglihatan) tentang DIA. Film-fim berdasarkan kisah nyata 5 tahun belakangan menjadi sarana yg efektif untuk membangkitkan iman secara luas.

Setiap pribadi memiliki kisah pengalaman iman yang unik karena DIA kreatif dan agung dalam segala caraNYA. Semoga mata hati siapapun yang membaca tulisan ini terinspirasi untuk percaya bahwa DIA ada dan terus bekerja bagi KemuliaanNYA!

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s